Candi Bubrah Desa Candirejo

Sumber gambar :  http://sutrisnasmg.blogspot.com/2015/03/situs-candirejo.html?m=1




                    SITUS CANDI BUBRAH



      Candi Bubrah ini mengapa disebut demikian karena candi ini ditemukan dengan kondisi tidak utuh dan berantakan bahasa jawanya bubrah=bubar atau berantakan. akhirnya penduduk setempat menamakan candi bubrah.Mungkin memang benar adanya saat ditemukan hampir semua situs atau candi sudah berantakan,tinggal bagaimana pelaksanaan selanjutnya ingin di pugar atau tetap dibiarkan saja,bila di pugar tentunya menjadi lebih bagus karena merupakan aset budaya yang tidak ternilai harganya.Dan bila di biarkan maka seperti inilah candi bubrah salah satu contoh yang di biarkan saja dan hanya di pasang plakat keterangan pasal UU cagar budaya.sudah aman dengan adanya papan UU cagar budaya tersebut.
          Batuan struktur candi ini merupakan pindahan dari lokasi asli yang berada di sebuah tebing yang tidak jauh dari tempat pindahan kira2 100 meter dari lokasi sekarang.Di tebing itu konon masih banyak batuan struktur candi,sayang saya belum sempat mblusuki kesana mungkin kalau ada kesempatan lagi akan saya perbarui lagi postingannya.
          Pahatan ukiran masih sederhana berbentuk garis lurus lurus tegak mengerucut keatas. Tetapi situs Candi Bubrah ini sedikit yang mengunjungi
, atau hari-hari tertentu saja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Diriku

Laporan Hasil Wawancara Kepala Sekolah

PKK-tugas individu