PKK-tugas individu

Sebuah perusahaan melakukan produk masal dengan alasan menghemat pengeluaran,dan juga efesiensi waktu. Dengan adanya produksi massal pekerjaan yang tadinya dilakukan tenaga kerja,kini dilakukan oleh mesin. Menurutmu apakah hal tersebut akan mengganggu penyerapan tenaga kerja? Tulislah pendapatmu mengenai kelebihan dan kekurangan produksi massal?


Menurut pendapat sayap enggantian tenaga kerja ke mesin sudah pasti akan mengganggu penyerapan tenaga kerja dan artinya juga memperkecil kesempatan/peluang kerja dari perusahaan, karena pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh tenaga kerja manusia digantikan perannya oleh mesin.


Kelebihan produksi massal :

•Efisiensi Waktu

Kelebihan produksi massal adalah efisiensi. Sejak awal, produksi massal telah menggabungkan kontrol kualitas dengan produksi barang terus-menerus. Efisiensi berarti durasi produksi dan distribusi barang ke konsumen dapat dilakukan lebih cepat, dengan kualitas yang sama.

•Hemat Biaya

Produksi massal tidak hanya efisien, tetapi juga memiliki biaya konsumen yang lebih rendah dibanding teknik produksi lainnya. Dalam produksi massal, tiap produk baru yang dihasilkan akan memiliki biaya unit yang lebih rendah dibanding produksi barang dengan teknik lainnya. Selain biayanya yang rendah, produsen akan mendapat keuntungan tinggi, terutama jika mereka berhasil menjual barang dalam jumlah banyak.

•Mendapat pekerjaan 

Perusahaan yang menerapkan produksi massal, biasanya memiliki pembagian kerja yang lebih luas atau spesialisasinya lebih sedikit.


Kekurangan produksi massal :

•Minimnya kustomisasi produk

 Salah satu kekurangan produksi massal adalah minimnya kustomisasi (perubahan) produk yang dihasilkan. Produksi massal berarti perusahaan menghasilkan produk sejenis dalam jumlah banyak secara terus-menerus.

•Butuh modal besar

  Kekurangan produksi massal adalah perusahaan membutuhkan modal yang besar untuk membeli mesin dan jalur perakitan. Tentunya hal ini menyulitkan pengusaha muda untuk memulai bisnya dengan teknik produksi massal.

•Hilangnya lapangan pekerjaan  

Meski salah satu kelebihan produksi massal adalah mendapat pekerjaan, terutama mereka dengan keahlian yang minim, nyatanya hal ini juga menghilangkan lapangan pekerjaan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Diriku

Laporan Hasil Wawancara Kepala Sekolah