Budidaya Buah Naga

 

      Buah naga adalah buah dari beberapa jenis kaktus.Pada umumnya, buah naga dibudidaya dengan cara stek atau penyemaian biji. Tanaman akan tumbuh subur jika media tanam porous, kaya akan unsur hara, berpasir, cukup sinar matahari. Buah naga dapat berkembang dengan kondisi tanah dan ketinggian lokasi apapun, tetapi tumbuhan ini cukup rakus akan unsur hara.


 Tidak cuma buahnya yang lezat akan tetapi buah naga juga banyak manfaatnya. Berikut beberapa manfaat dari buah naga.


1. Mempercantik penampilan, dengan kandungan vitamin C nya yang tinggi.

2. Buah naga merah juga bisa untuk membantu menyembuhkan penyakit diabetes.

3. Menjaga kesehatan dan stamina.

4. Buah naga juga dapat menurunkan kolesterol.

5. Mencegah penyakit osteoporosis atau pengapuran tulang.

Dan masih banyak lagi.


 

  Cara menanam atau memelihara Buah Naga.

Berikut ini cara menanam buah naga:

•Persiapan lahan Lahan untuk menanam buah naga tidak perlu luas, karena Anda akan menanamnya di pot.

•Siapkan bibit Bibit yang unggul akan memengaruhi hasil panen, dengan demikian usahakan memilih bibit terbaik.

•Siapkan pot Ada beragam jenis pot yang dapat Anda gunakan untuk menanam buah naga, misalnya pot semen, pot plastik, pot tanah liat, maupun pot yang terbuat dari barang-barang bekas, misalnya ember bekas, jerigen plastik bekas, dan lain-lain.

•Tiang panjatan Tiang penopang merupakan alat yang penting dalam proses penanaman buah naga karena buah naga memerlukan penopang batang dan daunnya yang besar agar dapat berdiri tegak.

•Media tanam Bahan-bahan media tanam yang perlu dimasukkan ke dalam pot adalah pasir, tanah, pupuk kandang dan kompos. Campurkan semua media tersebut ke dalam pot.

•Penanaman bibit Sebelum menanam bibit, pilih bakal bibit buah naga yang bagus. Bakal bibit buah naga sebaiknya diambil dari batang yang tua, berwarna hijau keabuan, dan memiliki bibit yang berukuran besar serta bebas dari penyakit.


Berikut ini cara memelihara buah naga :


Merawat tanaman buah naga di dalam pot sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan pemeliharaan buah naga yang ditanam di tanah tanpa memakai pot. Perbedaannya adalah perawatan buah naga yang ditanam secara langsung ditanami di tanah tidak meliputi pemupukan, pemangkasan, penjarangan, hingga pemindahan pot. Untuk pemupukan, Anda harus terlebih dahulu memupuki akar yang didampingi dengan penyiraman secara rutin pada pagi dan siang hari. Setelah dua sampai minggu pemupukan akar, maka lakukan pemupukan daun yang disemprotkan pada tanaman setiap minggu hingga mencapai delapan minggu. Pemangkasan tanaman buah naga sebaiknya dilakukan pada batang yang telah berumur dua hingga tiga bulan. Sementara itu, penjarangan buah naga dilakukan ketika bunga buah naga telah tumbuh. Lakukan dengan meletakkan buah naga yang berjarak sekitar 30 cm, agar tanaman buah naga dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.


Cara menanam ulang buah naga :


1. Memilih Bibit Buah Naga

Cara menanam buah naga dengan mudah yang pertama adalah memilih buah naga. Buah naga bisa diperbanyak dengan cara generatif maupun vegetatif.


2. Memilih Lokasi Tanam

Cara mudah menanam buah naga yang berikutnya adalah memilih lokasi tanam.


3. Membuat Tiang Panjat

Cara mudah menanam buah naga yang selanjutnya adalah membuat tiang panjat.


4. Membuat Lubang Tanam

ahap selanjutnya untuk menanam buah naga adalah membuat lubang tanam. Perlu diperhatikan, setiap tiang panjat dikelilingi 4 buah lubang tanam, dengan ukuran 50×50 cm dan kedalaman 25 cm.


5. Menanam Batangnya

Cara menanam buah naga yaitu dengan menancapkan batang pohon yang sudah dipotong tadi, lalu timbun dengan tanah sambil dipadatkan.

Komentar

  1. bikin eskrim buah naga donk kak🇮🇩❤️

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Diriku

Laporan Hasil Wawancara Kepala Sekolah

PKK-tugas individu